Resensi Buku : Amar Ma'ruf Nahi Munkar

by - August 26, 2019



Judul buku : Amar Ma'ruf Nahi Munkar (Seri Akhlak Mulia Riyadush Shalihin)
Penulis dan ilustrator : Abunnada
Penerbit : Ahlan Pustaka Umat
Cetakan Pertama, November 2017

Kitab Riyadush Shalihin, yang banyak membahas mengenai aqidah, syariah, dan akhlak, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim. Dalam buku Seri Riyadush Shalihin for Kids :  Amar Ma'ruf Nahi Munkar ini, penulis memaparkan pengenalan materi mengenai makna, perintah, dan contoh amar ma'ruf nahi munkar melalui kisah kakak beradik, Shofi dan Salman.

Dimulai dari pertanyaan Sang Adik mengenai arti kata atau makna amar ma'ruf dan nahi munkar,  Shofi sebagai Sang Kakak berupaya menjelaskan dan mengaitkannya dengan kejadian yang mereka lihat sehari-hari.

Ilustrasi yang disajikan, begitu apik dalam menggambarkan penjelasan Shofi kepada Salman, seolah membuat kita ikut menikmati sajian televisi. Beranjak dari satu kejadian ke kejadian lainnya, menyaksikan peristiwa yang yang seolah tampak nyata, dengan suguhan visualisasi yang menyegarkan mata. Pembaca pun dibuat terlibat untuk merasa, sehingga menguatkan makna dan pemahaman mendalam mengenai urgensi amar ma'ruf dan nahi munkar ini.

Walau bahasanya ringan dan ilustrasinya menarik, jika merujuk pada pendidikan anak berbasis fitrah, konteks materi yang diberikan lebih relevan dengan anak yang sudah dikuatkan fitrah keimanannya melalui imaji positif dan kecintaan pada Rabbnya di usia 0-7 tahun. Sehingga, buku ini lebih cocok dinikmati oleh anak usia 7-10 tahun. Di usia ini, anak memasuki tahapan mengenal nilai, perintah dan larangan, serta mengenal keteraturan hukum Allah di semesta. 

Kesadaran anak mulai dibangkitkan bahwa Allah adalah Malik (Maha Merajai), yang diberi kesetiaan (Waliyan) dan ditaati (Hakiman). Nalar anak yang sudah mulai kritis pun, dapat diasah melalui alur cerita yang disajikan dalam pembahasan amar ma'ruf nahi munkar di buku ini.

Meskipun idealnya digunakan untuk usia 7-10 tahun, ternyata setelah membaca buku ini, saya pun ikut merasakan pesan makna yang mendalam dari sajian penulis yang sekaligus menjadi ilustratornya ini.

Kesungguhan Abunnada dalam karyanya ini, menjadikan buku ini terasa istimewa. Maka tak berlebihan kiranya jika buku ini bisa direkomendasikan untuk hadir di setiap rak buku keluarga-keluarga muslim. Wawlohu'alam bi showab.

Ismi Istiqomah 

You May Also Like

0 comments