Resensi Buku : Mukjizat Enzim Cara Hidup Agar Tidak Jatuh Sakit

by - August 26, 2019




Judul buku: Mukjizat enzim-cara hidup agar tidak jatuh sakit
Penerbit: gramedia
Pengarang: hiromi shinya
Jumlah halaman: 152

Mengapa manusia menjadi tua?
Mengapa ada orang yang kelihatan tua dan ada yang kelihatan muda padahal usianya sama?
Sebetulnya, apakah ‘penuaan’ itu?
Jika dipadatkan dalam sebuah kalimat, “penuaan adalah melemahnya kekuatan enzim”

Bagi pembaca seri buku ini, “enzim” merupakan istilah yang tidak asing lagi. Enzim adalah nama atau istilah umum untuk katalis protein yang dibentuk di dalam sel makhluk hidup. Enzim terlibat dalam semua kegiatan yang diperlukan untuk mempertahahankan kehidupan, seperti detoksifikasi, pencernaan, pembuangan, dan lain – lain. Jika kekuatan enzim melemah, proses penuaan akan semakin berlanjut. 

Buku ini ditulis berdasarkan hasil pengalaman beliau sebagai ahli bedah endoskopi gastrointestinal dalam melihat kesehatan usus pasiennya. ‘Mukjizat Enzim’ menjadi buku ketiga seri The Miracle of Enzyme yang membahas peran penting enzim dalam kesehatan seseorang. Pada pembahasan kali ini, dokter Shinya menjabarkan tentang bagaimana cara hidup agar tetap awet muda. Tetap awet muda sampai kapan pun adalah impian semua orang, baik pria maupun wanita. Cara – cara yang dianjurkan di buku ini, sama sekali tidak memerlukan operasi plastik, obat – obatan, maupun alat – alat kecantikan. Karena, di dunia ini tidak ada orang yang tampak lebih muda daripada usia sebenarnya. Yang ada hanyalah orang yang sesuai dengan usia sebenarnya, dan orang yang kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya.

Dalam buku ini dapat kita temukan berbagai fakta – fakta menarik yang berbeda dengan kepercayaan yang beredar di sekitar kita. Mengejutkan? Pastinya. Akan tetapi secara pribadi, saya merasa bahwa metode yang dijabarkan dalam buku ini sangat masuk akal dan efektif jika diterapkan.  Pembahasan dalam buku ini disusun dengan tiap subjudul yang singkat, dan dapat dibaca secara terpisah – pisah sehingga kita dapat menikmati buku ini secara langsung, atau per sub judul sesuai kebutuhan. Isinya mencerahkan, tak hanya berfokus bagaimana kita menjadi awet muda, tapi juga bagaimana agar kita tak mudah jatuh sakit dan menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Yani / Rumbel Literasi IP Tangkot

You May Also Like

0 comments